Nabutaek, Agustina and Rosyidah, Rudina Azimata and Setianingsih, Ika Sulis (2025) GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN DARAH TERHADAP KEPUASAN KELUARGA PASIEN DI UNIT DONOR DARAH PALANG MERAH INDONESIA KABUPATEN BELU NUSA TANGGARA TIMUR. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Bhakti Setya Indonesia.
Agustina Nabutaek.png
View (64kB)
Abstract
Pelayanan darah adalah upaya pelayanan kesehatan yang memanfaatkan darah manusia sebagai bahan dasar dengan tujuan kemanusiaan dan tidak untuk tujuan komersial. Pendonor darah adalah orang yang menyumbangkan darah atau komponennya kepada pasien untuk tujuan penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan darah di Unit Donor Darah PMI Kabupaten Belu serta tingkat kepuasan keluarga pasien
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian ini menggunakan keluarga pasien yang melakukan donor darah di UPDD PMI Belu Nusa Tenggara Timur dan diperoleh sampel sebanyak 89 orang yang ditentukan melalui rumus solvin. Gambaran penelitian menggunakan analisis Univariat.
Berdasarkan hasil penelitian dari 89 respoden menunjukan bahwa kepuasan keluarga pasien di UPDD PMI Kabupaten belu didapati hasil cukup puas sebanyak 52 (70,8%) responden. Dengan demikian dapat dikatakan responden merasa cukup puas dengan pelayanan dara di Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Kabupaten Belu.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
| Divisions: | Prodi D3 Teknologi Bank Darah |
| Depositing User: | Perpustakaan Poltekkes BSI |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 03:32 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 03:32 |
| URI: | https://repository.poltekkes-bsi.ac.id/id/eprint/458 |

