Wahyuni, Endang and Trilestari, Trilestari and Mardiyaningsih, Ana (2025) TINGKAT KEPUASAAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK OLIVIA JAKARTA UTARA. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Bhakti Setya Indonesia.
Endang Wahyuni.png
View (149kB)
Abstract
Standar pelayanan kefarmasian di apotek bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kefarmasian. Apotek sebagai penyedia layanan Kesehatan memiliki peran penting dalam memastikan bahwa kebutuhan pelanggan terhadap obat-obatan dan layanan kesehatan lainnya terpenuhi dengan baik. Kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang sebagai hasil dari perbandingan antara prestasi atau produk yang dirasakan dan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Olivia Jakarta Utara.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan Public Opinion Survey yang dilaksanakan di Apotek Olivia Jakarta Utara pada bulan April 2025. Subjek penelitian adalah pengunjung apotek yang membeli obat dengan atau tanpa resep. Sampel diambil sebanyak 100 responden menggunakan rumus Slovin dengan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah kepuasan pasien yang dinilai melalui lima dimensi pelayanan, yaitu berwujud, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Instrumen penelitian berupa kuesioner berskala Likert 1–5 yang telah divalidasi. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, kemudian dianalisis secara deskriptif melalui proses scoring, tabulating, dan interpretasi dalam bentuk persentase untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien secara keseluruhan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian responden terhadap dimensi kehandalan terbesar adalah sangat puas sebanyak (92,55%), dimensi daya tanggap katagori sangat puas (91,20%), dimensi jaminan katagori sangat puas (90,25%), dimensi empati katagori sangat puas (90,10%) dan dimensi terendah adalah dimensi berwujud adalah puas (77,15%). Dari kelima dimensi didapatkan hasil persentase (88,25%) dengan katagori sangat puas terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Olivia Jakarta Utara.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
| Divisions: | Prodi D3 Farmasi |
| Depositing User: | Perpustakaan Poltekkes BSI |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 06:03 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 06:03 |
| URI: | https://repository.poltekkes-bsi.ac.id/id/eprint/350 |

