Dameswara, Yulia and Rohman, Hendra and Kurniawati, Intan (2025) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN ONLINE RAWAT JALAN VIA WHATSAPP DIRUMAH SAKIT PANTI RAHAYU GUNUNGKIDUL. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Bhakti Setya Indonesia.
Yulia Dameswara.png
View (142kB)
Abstract
Kepuasan pasien merupakan kepuasan seseorang terhadap suatu layanan yang dapat ditentukan dengan membandingkan layanan yang diterima dengan layanan yang diharapkan. Digitalisasi pelayanan krusial bagi rumah sakit untuk bersaing dan meningkatkan efisiensi serta efektivitas pelayanan di era transformasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan pendaftaran online pasien rawat jalan via whatsapp di Rumah Sakit Panti Rahayu Gunungkidul.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang melakukan pendaftaran rawat jalan online via whatsapp pada Bulan Januari 2025 sebanyak 3.400 pasien. Besar sampel yang digunakan sejumlah 97 pasien. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling.
Hasil penelitian ini adalah kepuasan pasien terhadap pelayanan pendaftaran online pasien rawat jalan via whatsapp di Rumah Sakit Panti Rahayu Gunungkidul dari 97 responden terdapat 74 responden (76,3%) menyatakan dimensi content dikategorikan puas dan 23 responden (23,7%) diketegorikan kurang puas, 73 responden (75,3%) menyatakan dimensi accuracy dikategorikan puas sedangkan 24 responden (24,7%) dikategorikan kurang puas, 90 responden (92,8%) menyatakan dimensi format dikategorikan puas sedangkan 7 responden (7,2%) dikategorikan kurang puas, 86 responden (88,7% ) menyatakan dimensi ease of use dikategorikan puas sedangkan 11 responden (11,3%) dikategorikan kurang puas, 71 responden (73,2%) menyatakan dimensi timeliness dikategorikan puas sedangkan 26 responden (26,8%) dikategorikan kurang puas. Disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan pendaftaran online via whatsapp di Rumah Sakit Panti Rahayu Gunungkidul dengan menggunakan dimensi EUCS secara umum adalah puas. Namun, masih terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan kualitas informasi dan penyempurnaan format layanan pendaftaran online guna meningkatkan kepuasan pasien secara menyeluruh.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
| Divisions: | Prodi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan |
| Depositing User: | Perpustakaan Poltekkes BSI |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 04:56 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 04:56 |
| URI: | https://repository.poltekkes-bsi.ac.id/id/eprint/269 |

