ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI PENDAFTARAN RAWAT JALAN KLINIK CIPTA HUSADA GUNUNGKIDUL

Dewayanti, Endriana Putri and Rohman, Hendra and Rahmatullah, Widia (2025) ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI PENDAFTARAN RAWAT JALAN KLINIK CIPTA HUSADA GUNUNGKIDUL. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Bhakti Setya Indonesia.

[thumbnail of Endriana Putri Dewayanti.png] Image
Endriana Putri Dewayanti.png

View (138kB)

Abstract

Kurangnya fasilitas sarana dan prasarana seperti belum adanya mesin APM untuk pendaftaran mandiri. Kurangnya kecepatan petugas dalam melayani pasien. Kurangnya penanganan pengaduan penggunaan layanan melalui via wa maupun review di google maps. Penyebab kurangnya keramahan petugas pendaftaran dalam memberikan pelayanan seperti senyum, salam, sapa dan santun. Serta pelayanan pendaftaran yang belum sesuai dengan SOP Pendaftaran pasien. Berdasarkan dengan permasalahan diatas sehingga peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul “Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Klinik Cipta Husada Gunungkidul”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kepuasan pasien terhadap pelayanan di pendaftaran rawat jalan Klinik Cipta Husada Gunungkidul.
Dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian yang di dapatkan adalah sebanyak 100 pasien rawat jalan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Accidental Sampling. Hasil dari penelitian ini akan menghasilkan tinjauan dari suatu hasil data yang telah didapatkan oleh peneliti dari kuesioner yang di hitung berdasarkan persentase masing – masing indikator pernyataan dengan menggunakan rumus.
Persentase kepuasan pasien rawat jalan pada dimensi tangibles yang minoritas adalah kategori tidak puas 0% (0 dari 100 responden) sedangkan yang mayoritas adalah kategori puas 47 % (47 dari 100 responden). Persentase pada dimensi reliability yang minoritas kategori tidak puas 0% (0 dari 100 responden) sedangkan yang mayoritas kategori puas 43 % (43 dari 100 responden). Persentase kepuasan pasien rawat jalan pada dimensi reliability yang minoritas kategori tidak puas 1% (1 dari 100 responden) sedangkan yang mayoritas kategori puas 43 % (43 dari 100 responden). Persentase pada dimensi assurance yang minoritas kategori tidak puas 0% (0 dari 100 responden) sedangkan yang mayoritas kategori puas 54 % (54 dari 100 responden). Persentase kepuasan pasien rawat jalan pada dimensi empathy yang minoritas kategori tidak puas 1% (1 dari 100 responden) sedangkan yang mayoritas kategori puas 47 % (47 dari 100 responden).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Prodi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Perpustakaan Poltekkes BSI
Date Deposited: 22 Oct 2025 04:14
Last Modified: 22 Oct 2025 04:14
URI: https://repository.poltekkes-bsi.ac.id/id/eprint/243

-

View Item
View Item