ANALISIS PENGAJUAN KLAIM BPJS KESEHATAΝ ΝΟΝ ΚΑΡITASI DI PUSKESMAS PIYUNGAN BANTUL TAHUN 2024

Putra, Ardian Pratama and Kurniawan, Agung and Fitriyah, Yuli (2025) ANALISIS PENGAJUAN KLAIM BPJS KESEHATAΝ ΝΟΝ ΚΑΡITASI DI PUSKESMAS PIYUNGAN BANTUL TAHUN 2024. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Bhakti Setya Indonesia.

[thumbnail of Ardian Pratama Putra.png] Image
Ardian Pratama Putra.png

View (205kB)

Abstract

Klaim BPJS Kesehatan merupakan pengajuan biaya perawatan pasien peserta BPJS oleh pihak fasilitas pelayanan kepada pihak BPJS Kesehatan, dilakukan secara kolektif dan ditagihkan kepada pihak BPJS Kesehatan setiap bulannya. Terdapatnya kendala dalam pelaksanaan prosedur klaim berupa tidak terdapatnya SOP terkait prosedur klaim BPJS, adanya double klaim, error pada aplikasi, serta kesalahan dalam pembuatan dokumen pendukung klaim. Tujuan Penelitian ini yaitu menganalisis pengajuan klaim BPJS kesehatan non kapitasi, Mengetahui alur proses pengajuan klaim BPJS kesehatan non kapitasi, Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi pelaksanaan prosedur klaim non kapitasi, dan Menganalisis problem solving terhadap kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan prosedur klaim non kapitasi di Puskesmas Piyungan.
Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian kemudian dilakukan validasi menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian diperoleh bahwa alur prosedur pengajuan klaim non kapitasi dilaksanakan berdasarkan sosialisasi terkait kelengkapan berkas dan proses pelaksanaan klaim dari pihak BPJS Kesehatan karena belum terdapat SOP yang mengaturnya. Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan prosedur klaim non kapitasi di Puskesmas Piyungan disebabkan oleh aspek man (manusia) yaitu kurangnya ketelitian petugas dan belum terdapatnya pelatihan, method (metode) yaitu belum terdapat SOP yang mengatur, serta machine yaitu sistem yang belum ter-bridging dan perlunya realtime warning untuk berkas yang pernah ditagihkan. Prioritas permasalahan ditentukan dengan metode USG (urgency, seriousness, and growth), didapatkan permasalahan yang menempati urutan pertama adalah kurangnya ketelitian petugas dan dibuat penyelesaian masalah dengan membuat SOP yang mengatur terkait alur pelaksanaan prosedur klaim non kapitasi di Puskesmas Piyungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Prodi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Perpustakaan Poltekkes BSI
Date Deposited: 13 Oct 2025 04:58
Last Modified: 13 Oct 2025 04:58
URI: https://repository.poltekkes-bsi.ac.id/id/eprint/193

-

View Item
View Item