PERANCANGAN MEDIA EDUKASI SEBAGAI PETUNJUK PENGGUNAAN ANJUNGAN PENDAFTARAN MANDIRI DI PUSKESMAS GODEAN 1

Arfidkasari, Pingky Widiadista Okca and Urbanantika, Regita and Sari, Ana Lukita Dewi (2025) PERANCANGAN MEDIA EDUKASI SEBAGAI PETUNJUK PENGGUNAAN ANJUNGAN PENDAFTARAN MANDIRI DI PUSKESMAS GODEAN 1. Diploma thesis, Politeknik Kesehatan Bhakti Setya Indonesia.

[thumbnail of Pingky Widiadista Okca Arfidkasari.png] Image
Pingky Widiadista Okca Arfidkasari.png

View (121kB)

Abstract

Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) di Puskesmas Godean 1 merupakan salah satu bentuk inovasi digital dalam pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mempercepat proses pendaftaran pasien dan mengurangi antrean di loket. Namun, masih ditemukan kendala di lapangan, di mana lebih dari 30% pasien, terutama pasien baru, mengalami kesulitan dalam mengoperasikan APM karena belum tersedianya media edukasi yang efektif dan mudah dipahami.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang media edukasi berupa video animasi dan flowchart sebagai panduan penggunaan APM yang informatif dan menarik. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) melalui enam tahap: konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media edukasi yang dirancang mampu meningkatkan pemahaman dan kemandirian pasien dalam menggunakan APM. Uji coba menunjukkan hasil positif yang menandakan tingkat kebergunaan yang baik. Kesimpulannya, media edukasi berbasis digital ini berkontribusi signifikan dalam meningkatkan efisiensi pelayanan dan kualitas pengalaman pasien di Puskesmas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Prodi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Perpustakaan Poltekkes BSI
Date Deposited: 13 Oct 2025 03:21
Last Modified: 13 Oct 2025 03:21
URI: https://repository.poltekkes-bsi.ac.id/id/eprint/180

-

View Item
View Item